Pendahuluan: Media dan Agama



Komunikasi merupakan proses penyemapian pesan dari komunikator kepada komunikan. Menurut Harold Laswell ia mengartikan komunikasi yaitu "Who says what in wich channel to whom in what effect" atau siapa mengatakan apa, melalui saluran apa, kepada siapa dan apa efeknya.Jika dalam konteks media dan agama bahwasanya agama ini sebagai pesan yang dikomunikasi melalui media (Komunikator). 

Pada zaman saat ini dengan semakin berkembangnya teknologi, segala apapun bentuk informasi akan sangat mudah didapatkan dibanding dengan zaman dulu. Pada pembahasan ini kita bisa membandingkan antara HP dengan TV. Sebelum masuknya HP pada zaman dulu, TV menjadi media yang sangat dibutuhkan untuk mendapatkan informasi. Namun, pada zaman sekarang dengan setelah adanya HP orang-orang berbondong-bondong untuk beralih ke HP sebagai alat untuk mendapatkan informasi, karena dengan penggunaanya praktis, fleksibel dan kita bisa mendcapatkan informasi lebih cepat dibanding dengan TV. 

Dengan adanya HP serta perkembangan media, kita semakin mudah untuk mendapatkan informasi apapun, tidak hanya informasi tetapi saat ini media menjadi saluran para agama untuk ibadah, contohnya ketika Covid-19 banyak para kristiani yang menonton live streaming acara digereja karena ketersediaan orang tersebut untuk berkunjung ke Gereja karena Covid-19.



Media dan agama merupakan dua aspek penting dalam kehidupan manusia yang saling berinteraksi dan mempengaruhi. Media berperan sebagai alat komunikasi yang menyebarkan informasi, sementara agama memberikan nilai dan panduan moral bagi individu dan masyarakat. Dalam era digital, hubungan antara media dan agama semakin kompleks, terutama dengan berkembangnya teknologi komunikasi yang mempengaruhi cara beragama dan persepsi terhadap agama. 

Media apa saja yang digunakan dalam penyebaran agama?

1. Media Cetak

Al-Qur'an, Al-Kitab dan kitab-kitab lainnya dicetak dalam berbagai bahasa yang damat dijangkau atau menjangkau banyak umat.

2. Media Elektronik (Radio & Televisi)

Dengan adanya berbagai program keagamaan seperti ceramah, alunan ayat suci Al-Qur'an yang disebarkan melalui radio dan televisi menjadi salah satumedia yang damat membantu penyebaran ajaran agama ke masyarakat luas.

3. Media Digital dan Internet

Dengan adanya situs web keagamaan, do'a, dan media sosial hal tersebut menjadi paltform utama dalam penyebaran ajaran atau informasi keagamaan pada zaman ini. Social media ini memiliki perputaran cepat pada saat ini, kenapa? karena hampir semua orang memiliki 1 Hp dan memiliki social media. Maka pada zaman saat ini social media memiliki pengaruh besar dalam menyebarkan informasi.

Selain itu, Youtube, Instagram, TikTok, Podcast pada saat ini menjadi platform yang digunakan dalam penyebaran informasi keagamaan yang santa efektif untuk menjangkau anak muda saat ini. 

Lalu Bagaimana Dampak Media terhadap Agama?

Dalam hal ini tentunya terdapat dampak dari Media terhdapat Agama, baik dampak positif maupun negatif.

Dampak Positif

  • Meningkatkan Aksebilitas: Informasi mengenai keagamaan akan sangat mudah diakses oleh siapa saja , kapanpun dan dimanapun.
  • Memfasilitasi Dakwah dan Pendidik Keagamaan: Dalam hal ini dengan adanya media dapat mempermudah dalam penyampaian ajaran keagamaan yang lebih luas lagi jangkauannya.
  • Meningkatkan Interaksi Antarumat Beragama: Dengan hal dapat memungkinkan terjadinya dialog dan diskusi atarumat beragama yang data memberikan seta meningkatkan pemahaman dan juga toleransi umat antar beragama.
Dampak Negatif
  • Menyebarkan Informasi yang Tidak Akurat: Memungkinkan terjadinya berita hoax mengenai agama yang akan sangat merugikan berbagai pihak dikarenakan penyebaran informasi yang cepat dalam sosial media.
  • Radikalisme dan Ekstremisme: Memungkinkan adanya kelompok tertentu yang menggunakan media sebagai alat untuk dapat memecah belah masyarakat serta antar umat beragama.
  • Komersialisasi Agama: Beberapa pihak yang menjadikan media dalam kepentingan bisnis dan disangkut pautkan dengan agama secara berlebihan seperti: Ruqyah Online melalui live streaming.
Terdapat 2 hal yang perlu diperhatikan dalam beretika menggunakan media yaitu:
  1. Tidak menyebarkan informasi sebelum divalidasi kebenarannya.
  2. Lihat komunikannya atau audiensnya.

Bagamaina Peluang dan Tantangan Media dalam Penyebaran Agama?

Peluang
  • Menggunakan media sebagai sarana dakwah yang lebi interaktif, kreatif sera inovatif dalam pengemasannya.
  • Dapat meningkatkan pemahaman masyarakat memalui ajara keagamaan yang disalurkan melalui media.
  • Dapat menciptakan komunitas online yang positif serta memberikan hal positif, edukatif bagi umat beragama.
Tantangan
  • Mengolah informasi Mengenai ajaran agama yang benar, tervalidasi dan data dipercaya.
  • Dapat menjaga etika dalam menggunakan media, tidak digunakan hanya untuk kepentngan satu pihak.
  • Menyangkal penggunaan media sebagai propaganda yang dapat menyesatkan.

4 Pengaruh Media Baru terhadap Agama
  1. Matinya Makna: Media baru dapat mengaburkan makna asli ajaran agama karena informasi disampaikan secara cepat, singkat, dan sering kali tanpa konteks yang mendalam. Penyampaian nilai-nilai agama bisa menjadi sekadar tren tanpa pemahaman yang kuat.
  2. Banjir Informasi: Umat beragama dihadapkan pada lautan informasi yang tak terbatas, termasuk tafsir agama yang beragam. Ini dapat membingungkan, menciptakan disinformasi, dan membuat sulit bagi individu untuk membedakan mana yang benar dan sesuai dengan ajaran agama.
  3. Total Transparansi: Media baru membuat segala sesuatu lebih terbuka, termasuk aktivitas dan kehidupan pemuka agama. Ini dapat meningkatkan akuntabilitas, tetapi juga dapat menimbulkan skandal atau fitnah yang mengguncang kepercayaan umat terhadap institusi agama.
  4. Epilepsi Komunikasi: Arus informasi yang terlalu cepat dan tidak terkontrol dapat menyebabkan kebingungan, perdebatan tanpa arah, dan polarisasi dalam komunitas beragama. Umat bisa lebih sibuk berdebat di media sosial daripada memahami esensi spiritualitas mereka.



Komentar

  1. Terima kasih sudah mengerjakan tugas nya. Ada koreksi sedikit, mengenai media seharisnya channel bukan komunikator yaa. lalu untuk pengaruh media baru terhadap agama tolong di kembangkan lagi. Tambahkan lagi contoh kasus real nya dalam setiap bagian yaa. Semangat!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEORI KOMUNIKASI AGAMA

Peran Media dalam Memperkuat atau Melemahkan Nilai Agama di Masyarakat